5 manfaat daun cery atau kersen bagi penderita kronis

manfaat buah dan daun ceri/kersen tidak disangka-sangka ternyata memiliki manfaat yang luar biasa terutama untuk pengidap penyakit diabetes,selain cara menanamnya yang mudah tumbuhan ini kadang tumbuh dengan sembarangan di halaman rumah yang justru kadang kita sendiri yang malah memangkas dan membunuhnya. dari tekstrur buahnya yang cukup simpel kecil dan bulat seperti apel namun sangat kecil biasanya yang matang berwarna merah dan sangat digemari oleh para hewan dan burung-burung yang lewat
nah buat kamu yang punya atau ingin jangan sia - siakan kesempatan ini karna mencegah lebih baik dari pada mengatasi.selain berguna untuk obat tumbuhan ini juga mampu melindungi kita dari terik matahari lho healtpedia.



lalu apa saja manfaatnya ceri ini bagi kesehatan, mari kita simak dibawah ini ;

 1. MENGATASI DIABETES

sebelum ke buah nya kita bahas dulu manfaat daunnya Memanfaatkan daun kersen sebagai bahan alami untuk mengatasi gula darah tinggi telah dilakukan sejak zaman dahulu, cukup banyak ilmuwan yang telah melakukan penelitian pada daun kersen untuk  mengungkap kandungan dan manfaat di dalamnya, “Daun kersen  mengandung saponin serta flavonoid yang berperan sebagai antioksidan sehingga mampu menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme gula” begitulah kata peneliti  Suhardjono, dosen Fakultas Kedokteran Universitas di ponegoro.”

2. ANTIBAKTERI

nah kalo ini manfat buahnya Sifat antibakteri buah kersen ini sangat bermanfaat untuk tubuh  kita. Dengan demikian tubuh kita menjadi lebih kuat dari serangan  bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Para peneliti  menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

3.Mengatasi kolesterol tinggi
Manfaat daun kersen untuk diabetes sudah disebutkan sebelumnya,  di samping mampu mengatasi gula darah tinggi dan menjaga kesehatan  fungsi otot jantung, daun kersen juga ampuh untuk mengatasi  kolesterol tinggi. Cukup dengan merebus satu sampai dua genggam daun kersen yang masih segar dengan 3 gelas air putih dan rebus selama beberapa menit sampai air rebusannya tersisa setengah,  setelah air rebusan matang, dinginkan dan minum air rebusan daun  kersen 3x setiap harinya.

4.Mengatasi asam urat
Salah satu manfaat alami yang dimiliki buah cery ini adalah mampu mengatasi asam urat. Selain mengambil manfaat alami yang dimiliki oleh dedaunannya, ambilah juga manfaat dari buah kersen, tidak terkecuali untuk mengatasi penyakit asam urat.

Cukup hanya dengan mengkonsumsi 9 buah kersen segar setiap hari, di pagi, siang dan malam hari, anggaplah jika buah kersen adalah menu camilan sehari-hari, sebagai pengganti apel.Dengan mengkonsumsi buah kersen setiap harinya, tubuh akan terhindar dari serangan sakit akibat penyakit asam urat.

Manfaat daun kersen secara alami telah Anda ketahui, daun kersen bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena kaya akan kandungan alami. Manfaatkan pohon kersen sebaik mungkin untuk menjaga kesehatan badan

5.Menjaga fungsi otot jantung

Selain baik untuk mengatasi koresterol, daun kersen atau ceri ternyata juga baik untuk menjaga fungsi otot jantung, dari sebuah penelitian telah dibutkikan jika daun kersen bekerja dengan sangat aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.
lalu bagaiamana caranya ?
Cukup dengan rutin minum air rebusan daun kersen maka fungsi jantung akan terlindungi sehingga tidak mudah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh racun yang masuk dan tercerna ke dalam tubuh. Manfaat daun kersen untuk kesehatan jantung sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian.


LALU BAGAIMANA PROSES DAN BAHANNYA ?


 

Cara pembuatannya cukup tidak sulit, cukup dengan mengeringkan daun kersen lalu seduh dengan air panas. Air panas yang tadinya bening akan berubah seperti air teh pada umumnya. Silahkan anda minum sehari dua kali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bagi yang menderita hipertensi.
Pengolahan Buah Kersen
Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu untuk merasakan manfaatnya, namun anda juga bisa mengolah buah ini terlebih dahulu sebagai sirup. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti :

  •     Buah kersen yang matang
  •     Kayu manis
  •     Gula pasir
  •     Garam
  •     vanilla

BAGAIMANA PROSES PEMBUATANNYA

Jangan lupa siapkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat sirup  buah kersen (botol untuk mengemas sirup), saringan, panci, penumbuk, dan ember.
Kemudian cara pembuatannya seperti berikut ini :

  •     Cuci bersih buah kersen matang dengan menggunakan air bersih yang mengalir
  •     Pisahkan kulit dan daging buah kersen. Ada cara  mudah untuk memisahkan kulit dan daging buah kersen, yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu lalu rebus.
  •     Ketika buah kersen sedang direbus, tambahkan gula pasir, garam, kayu manis, dan vanila. Perbandingan antara gula pasir dan buah kersen adalah 2:1
  •     Setelah mendidih, saring dengan menggunakan saringan agar air dan ampas terpisah.
  •     Setelah dingin, tuangkan air rebusan buah kersen ke dalam botol lalu tutup rapat.
  •     Sirup buah kersen pun sudah jadi dan siap dibuat sebagai minuman segar atau untuk dijadikan topping kue dan desert lainnya.

0 Response to "5 manfaat daun cery atau kersen bagi penderita kronis"

Post a Comment